Saturday, January 24, 2015

PENJABARAN BALANCED SCORECARD (KEY PERFORMANCE INDICATORS)


A.       Perspektif Keuangan
Pada dasarnya, keempat misi yang dirumuskan dalam rencana strategis SMPN 14 Bekasi menggantungkan pembiayaan kepada sumber-sumber kontribusi masyarakat dan bantuan operasional sekolah. Sumber-sumber dana lain yang bersifat stimulus dan insidental sangat bergantung kepada keberadaan proyek yang diberikan oleh pemerintah, baik pemerintah daerah kabupaten dan provinsi, maupun pemerintah pusat melalui kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Penganggaran yang disusun dalam RKAS mengacu kepada ketentuan penganggaran berbasis kinerja. Penganggaran berbasis kinerja merupakan metode penganggaran bagi manajemen untuk mengaitkan setiap pendanaan yang dituangkan dalam kegiatan-kegiatan dengan keluaran dan hasil yang diharapkan, termasuk efisiensi dalam pencapaian hasil dari keluaran tersebut. Keluaran dan hasil tersebut dituangkan dalam target kinerja pada setiap unit kerja. Sedangkan bagaimana tujuan itu dicapai, dituangkan dalam program, diikuti dengan pembiayaan pada setiap tingkat pencapaian tujuan.

Oleh karena itu, ukuran-ukuran kinerja dalam perspektif keuangan (penganggaran) adalah efektivitas dan efisiensi anggaran, adanya keseuaian realisasi anggaran dengan target kinerja, pengeluaran anggaran didasarkan pada outcome yang ingin dicapai, adanya hubungan antara masukan (input) dengan keluaran (output) dan outcome yang diinginkan, adanya peranan indikator efisiensi dalam proses penyusunan anggaran, dan adanya pencapaian target kinerja dalam anggaran. Target kinerja yang ditetapkan dalam perspektif anggaran adalah 95% pelaksanaan anggaran sesuai dengan rencana penganggaran yang dirumuskan.



B.       Perspektif Pelanggan
Misi yang dirumuskan dalam rencana strategis SMPN 14 Bekasi pada dasarnya mengarah kepada pencitraan sekolah. Pencitraan tersebut dirumuskan secara spesifik sebagai citra sekolah religius, citra sekolah berprestasi, dan citra sekolah yang bersih aman nyaman dan berwibawa. Implementasi strategi yang diterapkan adalah sebagai berikut.

C.       Perspektif Proses Kinerja Internal

Proses kinerja internal pada seluruh misi yang dicanangkan dalam rencana strategis SMPN 14 Bekasi meliputi aspek yang terlihat pada pemetaan implementasi berikut ini.
D.       Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan
Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan organisasi meliputi aspek-aspek manajemen pengembangan sekolah. Implementasi pengembangan perspektif ini adalah sebagai berikut.


No comments:

Post a Comment